Strategi Inovasi dan Keunggulan Kompetitif Brand Zara
Zara merupakan sebuah perusahaan brand fashion terkenal yang berasal dari Spanyol tepatnya di kota La Coruna, perusahaan Zara sendiri memiliki produk yang memang berkualitas dan selalu up to date sehingga membuat produk mereka terkenal dan dapat bersaing di Industri fashion yang begitu ketat. Zara memiliki beberapa strategi inovasi untuk mempertahankan dan meningkatkan daya sainganya, yaitu sebagai berikut :
1. Produk yang Up to Date
Produk yang ditawarkan oleh perusahaan Zara memang tidak dapat diragukan lagi baik dari segi kualitas dan segi desain, tentu ada dalang dibalik produk yang mereka tawarkan tersebut. Perusahaan Zara memiliki tim desainer yang bekerja keras untuk menghasilkan produk up to date, inovatif, dan relevan di kalangan pasar, yang membuat hal tersebut menjadi strategi inovasi yang dilakukan oleh perusahaan Zara, yaitu dengan menciptakan produk yang up to date mengikuti perkembangan fashion dari target pasarnya, atau biasanya disebut dengan strategi imitatif.
2. Promosi
Pendapatan yang didapat dari sebuah perusahaan Zara dari penjualan produk yang mereka produksi meningkat sekitar 7% dari sembilan bulan terakhir, peningkatan yang dialami oleh perusahaan Zara tidak didasarkan pada kebetulan belaka, tetapi ada alasan logis yang dapat menjawab peningkatan tersebut. Perusahaan Zara memanfaatkan promosi yang berbeda beda, salah satu contohnya yaitu menggunakan media digital seperti web resmi Zara dan media sosial official account Zara seperti Instagram, dimana seluruh masyarakat dapat melihat iklan tersebut dan dinilai lebih efisien dikarenakan lebih hemat tetapi dapat menjangkau audiens yang sangat luas bahkan sampai mancanegara.
3. E-Commerce
Pada era saat ini digitalisasi menjadi elemen sangat penting dalam semua aspek kehidupan salah satunya yaitu pada brand fashion, perusahaan Zara mulai melakukan transformasi digital seperti menggunakan E-Commerce dan web resmi Zara untuk melakukan interaksi dengan pelanggan, yang memungkinkan pelanggan untuk melihat katalog dan bahkan memesan produk Zara secara online.
4. Penggunaan Bahan Daur Ulang
Sebuah brand fashion terkenal pasti memiliki jumlah permintaan sebuah produk yang sangat banyak, karena itu sebuah perusahaan pasti berusaha untuk memenuhi kebutuhan tersebut dengan memperbanyak produksi yang pastinya menyebabkan limbah yang sangat banyak. Berbeda dengan perusahaan Zara, perusahaan Zara melakukan inovasi yang sangat besar untuk menyelesaikan masalah tersebut, yaitu dengan menggunakan bahan daur ulang dan ramah lingkungan untuk menjaga lingkungan sekitar dan memikat banyak customer karena dinilai peduli dengan lingkungan.
5. Harga Menyesuaikan Audiens
Sebuah perusahaan yang sudah terkenal pasti memiliki standar harga yang memang sudah diperhitungkan sebelumnya dengan matang. Begitu juga dengan perusahaan brand fashion yang terkenal, biasanya produk yang mereka tawarkan memiliki harga yang fantastis atau terbilang mahal, karena bahan yang digunakan sudah pasti premium, nama yang sudah pasti terkenal, dan model yang pasti sudah update. Tetapi berbeda dengan brand Zara, brand satu ini menyajikan semua hal diatas tetapi menawarkan harga yang jauh lebih terjangkau. Mereka mencapai ini dengan berinvestasi secara bijaksana dalam inovasi dan produksi, sehingga mereka dapat menawarkan harga yang lebih rendah tanpa mengorbankan kualitas, selain itu brand Zara menggunakan model bisnis yang mengintegrasikan vertikal sebagian besar produksi dan distribusinya yang memungkinkan untuk mengendalikan biaya produksi dan mengurangi biaya overhead.
1. Produk yang Up to Date
Dampak yang ditimbulkan dari produk yang up to date yaitu selalu memerbarui koleksi dan katalog dari perusahaan Zara yang membuat perusahaan Zara tidak tertinggal tren dan model terbaru. Dengan begitu Zara sukses menciptakan loyalitas pelanggan yang tinggi yang dapat membantu sebuah perusahaan untuk mempertahankan atau bahkan meningkatkan jumlah penjualan. Selain dampak diatas, ada juga dampak yang dihasilkan terhadap posisi perusahaan di pasar lokal ataupun global, yaitu dengan produk yang selalu terbaharui baik dari desain ataupun bahan, perusahaan Zara menjadi pemain utama yang mengendalikan pasar dan membuat perusahaan Zara semakin kuat di pasar lokal ataupun global, menyebabkan kiblat dari industri fashion mengarah ke brand Zara.
2. Promosi
Promosi yang dilakukan oleh perusahaan Zara memiliki tingkat efektifitas yang sangat tinggi karena dampak yang ditimbulkan dari promosi tersebut sangat lah besar, dampak yang ditimbulkan atau dirasakan bukan hanya dari dalam perusahaan saja tetapi juga dari luar perusahaan. Contohnya yaitu dengan menggunakan media digital, perusahaan Zara dapat menghemat biaya, waktu, dan tenaga kerja tatapi audiens yang dijangkau sangatlah luas, tidak ada batasan geografis. Dalam pasar global ataupun lokal perusahaan zara menjadi ancaman bagi perusahaan brand lain karena dengan promosi digital inilah perusahaan Zara memiliki nilai tambah diantara perusahaan brand lain yang membuat perusahaan lain harus mengikuti perkembangan yang dilakukan oleh perusahaan Zara.
3. E-Commerce
Pada zaman modern yang serba digital ini banyak kalangan masyarakat yang ingin menikmati kemudahan dengan hanya bermodalkan gadget. Perusahaan Zara melihat peluang tersebut dan mulai mendistribusikan produknya lewat E Commerce ataupun web resmi Zara yang dapat meningkatkan interaksi dengan pelanggan, pengalaman belanja yang lebih nyaman karena pelanggan dapat melihat katalog, produk baru, harga, dan diskon dimana saja. ampak yang dihasilkan dari hal tersebut yaitu Zara tidak perlu membuka outlet untuk dapat menjalin interaksi dengan pelanggan yang luas yang artinya menghemat biaya yang cukup besar. Pada pasar global brand Zara dapat memperkuat posisinya sebagai brand fashion nomor satu di dunia karena memberikan kemudahan akses bagi pelanggan di seluruh dunia.
4. Penggunaan Bahan Daur Ulang
Pada era saat ini banyak produk yang menggunakan bahan daur ulang, mulai dari kemasan, bahan baku, bahkan sampai alat untuk membuat produk tersebut, maka dari itu perusahaan Zara pun melihat peluang yang sangat besar dari bahan daur ulang ini karena dapat menciptakan citra yang baik kepada pelanggan sebagai perusahaan yang peduli akan lingkungan. Konsumen yang semakin sadar akan isu lingkungan cenderung lebih memilih produk dari merek yang peduli dengan lingkungan, yang tentu saja dapat menciptakan loyalitas pelanggan bahkan dapat menarik pelanggan baru karena perusahaan Zara memiliki nilai keberlanjutan. Dengan adanya hal diatas membuat Zara menjadi pemeran utama dalam industri fashion karena dapat beradaptasi terhadap perkembangan yang terjadi, dengan begitu sangat sulit untuk Zara kalah dalam persaingan pasar lokal dan global.
5. Harga Menyesuaikan Audiens
Dengan nama perusahaan yang besar memungkinkan mereka untuk manaikan harga produk untuk meningkatkan gengsi para konsumen, tetapi berbeda dengan brand Zara yang tetap menekan harga dengan menawarkan gengsi yang tinggi, dengan ini brand Zara tetap menjadi pilihan utama bagi konsumen yang dapat meningkatkan loyalitas konsumen mereka. Dampaknya bagi pasar global dan lokal yaitu mereka akan kesulitan untuk merebut konsumen brand Zara bahkan kesulitan untuk merebut konsumen baru karena brand Zara memiliki banyak keunggulan dengan menawarkan harga yang lebih terjangkau.
- Dymas Sutrysno / https://www.linkedin.com/in/dymas-sutrisno-6a7a672a1
- Ahmad Fauzi / http://www.linkedin.com/in/ahmad-fauzi-148aa52a4
- Aliffaisya Fiana / https://www.linkedin.com/in/aliffaisya-fiana-a547452a4
- Nurlatifatusiolihah / https://www.linkedin.com/in/nurlatifatusoliha-peh-b5b69a2a1
Komentar
Posting Komentar